Jumat, 07 September 2012

Seminar Edukasi Prolanis ASKES di Kimia farma oleh erwan saefurrohman



Sebagai wujud komitmen dalam mendukung kegiatan Program Penanggulangan Penyakit Kronis (PROLANIS) yang dicanangkan oleh PT. ASKES dan bekerjasama dengan dr. Lydia Arjani, Apotek Kimia Farma 17 Mrican – Semarang ikut berperan serta dalam Seminar Edukasi Prolanis. Acara ini disambut antusias oleh para pasien Prolanis dengan berperan aktif selama kegiatan berlangsung.  Sebagai permulaan Program Prolanis saat ini baru berfokus pada peserta Askes yang menderita diabetes mellitus.

Pada setiap pertemuan Prolanis rata-rata dihadiri ± 80 orang peserta Prolanis terdaftar. Dengan agenda kegiatan pemeriksaan lab terkait pemantauan gula darah oleh Laboratorium yang ditunjuk PT. Askes, yang diselingi dengan penyuluhan kesehatan oleh dokter keluarga dan apoteker yang mengambil judul “penanggulangan Hipoglikemia dan Ulasan Status Gizi Lansia”.
  
Apa Itu Prolanis..???
Program Penanggulangan Penyakit Kronis (Prolanis) merupakan program dari PT. Askes yang ditujukan sebagai bentuk upaya berjenjang dalam penanganan kasus penyakit kronis bagi para pesertanya dengan menitikbertakan pada program preventif dan promotif. Program ini dirancang dengan melibatkan sistem terintegrasi antara peserta, Pemberi Pelayanan Kesehatan (PPK- dokter keluarga, laboratorium, apotek, rumah sakit), dan PT Askes (Persero). Peserta yang terdaftar sebagai pasien Askes Prolanis akan mendapatkan Dokter Keluarga Prolanis yang dipilih serta buku pemantauan status kesehatan, selanjutnya dokter keluarga ini akan memberikan pelayanan komprehensif dan berperan sebagai konsultan bagi peserta dengan memberikan bimbingan, edukasi, dan peningkatan kemampuan peserta untuk melakukan pemeliharaan atas kesehatan pribadinya secara mandiri. Dia akan memantau kondisi dan status kesehatan peserta Prolanis secara rutin serta bisa memberikan resep obat kronis pada level RJTP.

Tiap bulannya peserta Askes Prolanis akan dikumpulkan untuk melakukan pemeriksaan oleh laboratorium, Hasil pemeriksaan ini akan di-cek oleh dokter keluarga apakah pasien peserta Askes memiliki resiko terkena penyakit tertentu atau tidak, apabila ada indikasi penyakit diabetes maka dokter keluarga harus memberi perhatian khusus menyangkut cara pola makannya, lingkungan rumahnya, gaya hidup sehatnya, misalnya olahraga, jam tidur, jam mengonsumsi obat, dan sebagainya.

Adapun peran apotek sebagai salah satu Pemberi Pelayanan Kesehatan adalah menjamin ketersediaan obat, ketersampaian obat ke tangan pasien, dan memantau perkembangan pasien melalui pemberian obat serta informasi terkait obat yang benar kepada pasien Prolanis. Walaupun bukan menjadi salah satu kewajiban memberikan seminar edukasi, pihak Apotek KF 17 berperan aktif dalam setiap pelaksanaan kegiatan Prolanis bagi para dokter-dokter keluarga yang di-covernya.

Selama tahun 2012 ini secara rutin tiap bulan telah dilakukan kegiatan Prolanis di semua tempat praktek dokter keluarga yang bekerjasama dengan apotek. Dengan jumlah 8 orang dokter yang di-mapping sebagai dokter keluarga yang merujuk pengambilan obatnya ke apotek Kimia Farma 17 Mrican, antara lain : dr. Lydia Arjani (dokter In-house KF), dr. Dodi Witjaksono, dr. Hana Setialingsih, dr. Kurniati Budiman, dr. Kartika Devi, dr. Devi Puspitarani, dr. Wardani, dan dr. Retno.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar